Thursday, September 18, 2014

DIMANA ALAMAT BUMI?

Pernah kamu bayangkan ada apa sih di luar angkasa, manusia semakin pintar, sekarang kita tahu bahwa Bumi yang kita tinggali sangat kecil, seperti satu semut dari seluruh luas Indonesia. Kamu tentu tahu Galaksi Bimasakti tempat tata surya (Matahari, Bumi, 7 planet, dll) kita berada. Bumi saja planet yang cukup kecil dibanding lainnya. 


Super Gugus Laniakea
Galaksi Bimasakti merupakan grup Galaksi Lokal yang lain Andromeda & Triangulum, dalam setiap Galaksi terdiri dari planet dan lainnya. Bagian lebih besar dari Grup Galaksi Lokal adalah Gugus Galaksi Virgo yang beranggotakan 1.200-2.000 galaksi. 
Posisi Bumi
Selanjutnya, Gugus Galaksi Virgo adalah bagian Supergugus Galaksi Laniakea. Sebelumnya, ia anggota Supergugus Galaksi Virgo beranggota 47.000 galaksi berdiameter 110 tahun cahaya.

Keberhasilan penentuan struktur Laniakea membuat Supergugus Galaksi Virgo hanya jadi bagian Laniakea. Demikian pula Supergugus Galaksi Norma-Hydra, Centaurus, dan Pavo-Indus yang kini semuanya jadi bagian Laniakea.


Lokasi Super Gugus Galaksi Lniakea
Rumah besar Galaksi Bimasakti, yaitu Supergugus Galaksi Laniakea, berhasil didefinisikan awal September lalu. Temuan itu membuat posisi Bumi di jagat raya semakin jelas. Meski demikian, supergugus galaksi yang diperkirakan memiliki 100.000 galaksi dan terbentang sejauh 520 juta tahun cahaya itu tetaplah secuil bagian dari alam semesta.

Jadi kita hanya bagaikan debu dibandingkan Supergugus Galaksi Laniekea, Sang Pencipta Maha Agung dan mungkin bukan hanya kita di Bumi yang berupa mahluk hidup ada ciptaanNya yang lain di luar sana.  

No comments:

Post a Comment