Friday, September 26, 2014

Siapakah Pak Janggut - Douwe Dabbert - Danny Doodle?

Pak Janggut

Untuk kalian yang besar di sekitar tahun 80'an tentu kenal tokoh ini, komik Pak Janggut dimuat di majalah anak Bobo sebagai cerita bersambung, caritanya sangat menarik, tentang petualangan Pak Janggut ke berbagai tempat dan bertemu berbagai tokoh imajinasi yang menarik.

Pak Janggut adalah nama terjemahan Indonesia dari seri komik Belanda Douwe Dabbert yang diciptakan oleh seniman Piet Wijn dan penulis naskah Thom Roep.

Pak Janggut adalah sesosok orang tua yang berpenampilan seperti kurcaci yang mengalami berbagai macam petualangan yang aneh di mana ia sering berjumpa dengan makhluk gaib. Ia memiliki buntalan ajaib dari mana ia bisa mengambil barang-barang yang ia perlukan, baik di saat biasa (seperti makanan saat lapar) ataupun benda-benda yang bisa membantunya lolos dari bahaya. Bagi orang lain, kantung ini tidak berisi apa-apa, kecuali jika Pak Janggut mengizinkan orang itu mengambil sesuatu. Dalam beberapa ceritanya, Pak Janggut ditemani oleh seekor Dodo.
Secara keseluruhan, Pak Janggut telah membintangi dua puluh tiga buku komik. Dari tahun 1975 hingga 2001, cerita-cerita ini diterbitkan sebagai cerita bersambung di majalah mingguan Donald Duck Weekblad. Sebagian dari cerita terakhir digambar oleh Dick Matena karena adanya masalah kesehatan pada Piet Wijn.
Di Amazon komik Pak Janggut dikenal sebagai komik seri berbahasa Inggris : The Journeys of Danny Doodle.

Sumber : Wikipedia


   

Buat yang mau nostalgia atau bagi yang mau kenal dengan tokoh Pak Janggut yang mungkin menjadi bacaan Ayah/ Ibu kalian pada saat anak-anak silahkan dowload disini: 


No comments:

Post a Comment